Pembuatan Film Pertama Dunia

Pembuatan Film Pertama Dunia

Pembuatan Film Pertama Dunia

Anda pengemar film? tahukah anda film apa yang paling pertama dibuat? untuk menjawab rasa ingin tahu anda akan mimin ulas secara lengkap untuk anda sehingga dapat menambah pengetahuan anda tentang film.

Film merupakan gambar hidup atau gambar yang bergerak. Banyak yang mengatakan bahwa film pertama di dunia yaitu yang berjudul The Great Train Robbery di buat pada tahun 1903. Tapi ternyata dari hasil pencarian berbagai sumber sebelum film ini ditayangkan, ada banyak film yang telah di buat terlebih dahulu.

Ini dia Sejarahnya..
Pada hakikatnya sejarah film tidak bisa lepas dari sejarah fotografi, dan sejarah fotografi tidak mungkin juga lepas dari sejarah kamera. Kamera pertama kali didunia ditemukan oleh seseorang Ilmuwan Muslim bernama, Ibnu Haitham. Dia adalah seorang Fisikawan yang menemukan kamera Obscura dengan dasar kajian ilmu optik menggunakan bantuan energi cahaya matahari. Kamera sederhana tersebut mulai dikembangkan dan ditemukan kamera-kamera yang lebih praktis, sehingga dengan inovasinya demikian pesat berkembang sehingga kamera mulai bisa digunakan untuk merekam gambar gerak. Dan sebenarnya ide dasar sebuah film sendiri, terfikir secara tidak sengaja.

Nah, pada tahun 1878 ketika beberapa orang pria Amerika berkumpul dan dari perbincangan ringan menimbulkan sebuah pertanyaan : “Apakah keempat kaki kuda berada pada posisi melayang pada saat bersamaan ketika kuda berlari?” Pertanyaan itu pun terjawab ketika Eadweard Muybridge membuat 16 frame gambar kuda yang sedang berlari. Dari 16 frame gambar kuda yang sedang berlari tersebut, dibuat rangkaian gerak secara urut sehingga gambar kuda terkesan sedang berlari. Dan terbuktilah bahwa ada satu momen dimana kaki kuda tidak menyentuh tanah ketika kuda tengah berlari kencang konsepnya hampir sama dengan konsep film kartun. Akhirnya gambar kuda berlari tersebut menjadi gambar gerak pertama didunia. Dimana pada saat itu belum diciptakan kamera yang bisa merekam gerakan dinamis.

Dari sinilah inovasi kamera mulai berkembang ketika Thomas Alfa Edison mengembangkan fungsi kamera gambar bisa menjadi kamera yang mampu merekam gambar gerak pada tahun 1888, sehingga kamera mulai bisa merekam objek yang bergerak dinamis. Maka dimulailah era baru sinematografi yang ditandai dengan diciptakannya sejenis film dokumenter singkat oleh Lumiere bersaudara.

Hari lahirnya sinematografi yaitu pada tanggal 28 Desember 1895 dengan diakuinya sinema pertama didunia dengan judul Workes Leaving the Lumiere’s Factory yang diputar di Boulevard des Capucines, Paris, Prancis.

Film inaudibel yang hanya berdurasi beberapa detik itu menggambarkan bagaimana pekerja pabrik meninggalkan tempat kerja mereka disaat waktu pulang. Pada awal lahirnya film, memang tampak belum ada tujuan dan alur cerita yang jelas. Namun ketika ide pembuatan film mulai tersentuh oleh ranah industri, mulailah film dibuat lebih terkonsep, memiliki alur dan cerita yang jelas. Meskipun pada era baru dunia film, gambarnya masih tidak berwarna alias hitam-putih, dan belum didukung oleh efek audio. Ketika itu, saat orang-orang tengah menyaksikan pemutaran sebuah film, akan ada pemain musik yang mengiringi secara langsung gambar gerak yag ditampilkan di layar sebagai efek suara.

Film Paling Pertama Di Dunia
Dari pada masih bingung film apa yang paling pertama dibuat dan diputar? Mungkin dengan memberi pembuatan tahun film film lawas disini akan membuktikan bahwa dilm pertama bukanlah The Great Train Robbery. Melainkan The Horse In Motion merupakan cikal bakal film di dunia.
The First Motion Picture Ever Made – The Horse In Motion (1878)
First Home Movie Ever Made – Roundhay Garden Scene (1888)
First Movie Ever Shot (U.S.A.) – Monkeyshines No. 1 (1889 or 1890)
The First Copyrighted Movie Ever Made – Fred Ott’s Sneeze (1893-4)
First Movie Ever Made for Projection — Workers Leaving the Lumiere Factory (1895)
First Motion Picture Projected for an Audience – Berlin Wintergarten Novelty Program (1895)

demikian artikel kami semogha bisa menambah ilmu anda tentang film

About

View all posts by

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *